5.29.2016

Berenang di Kolam Renang Oevang Oeray (+Random Tips)

Hari Kamis kemarin, Kanda mengajak saya berenang di salah satu kolam renang di Kota Pontianak. Letaknya di kompleks gelanggang olahraga. Di mana lagi kalau bukan di Kolam Renang Oevang Oeray, Pontianak.. ;D

*non-sponsored review, please read my disclosure policy for more information

Kolam Renang Oevang Oeray Pontianak


Saya sudah lama tidak ke kolam renang ini. Terakhir sekitar tahun 2009, sekitar pertengahan bulan Juli. Haa, hebat kan ingatan saya, hihi. Iya, soalnya waktu itu berenangnya setelah momen nikahan Kakak saya. Makanya ingat. ;)


Duluu, sekitar tahun 90-an kolam renang di sini cuma ada 2, yaitu kolam renang kecil dan kolam renang besar. Seiring zaman, sekarang kolam sudah bertambah 2 lagi, yaitu kolam yang lebih dangkal tapi jauh lebih luas dari kolam kecil yang saya sebutkan sebelumnya, dan kolam dangkal yang sempit. Jadi total sekarang ada 4 kolam. Dua dari 4 kolam renang tersebut dilengkapi dengan perosotan. Di salah satu kolam malah ada 3 jenis perosotan yang berbeda. Total perosotan ada 4. Buat yang suka perosotan, boleh lah dicoba empat-empatnya. :)

Secara umum, keempat kolam renang memiliki keunikan masing-masing:

- kolam renang besar memiliki kedalaman sekitar 180 cm, lumayan kalau kelelep. Kolam ini biasanya jadi tempat berlatih para atlet renang. Bisa juga untuk latihan selam. Di tepi kolam sisi panjang ada pijakan sempit; sedangkan di sisi lebar ada podium untuk meloncat ke kolam. Demi keselamatan, kalau tidak bisa berenang sebaiknya tidak bermain di kolam renang ini.

Kolam Renang Oevang Oeray
kolam renang besar

- kolam renang kecil memiliki 1 perosotan yang cukup tinggi. Kedalamannya bertambah secara bertahap, paling dalam mungkin sekitar 1 meter-an. Cocok untuk yang sedang belajar berenang.

Kolam Renang Oevang Oeray
kolam renang kecil

- kolam renang dangkal yang luas memiliki 3 perosotan dengan ketinggian perosotan bervariasi dan 1 ember air raksasa. Kedangkalannya sama di setiap sisi. Karena dangkal, cocok untuk anak kecil.

Kolam Renang Oevang Oeray
Perosotan rendah-bergelombang

Kolam Renang Oevang Oeray
Perosotan sedang

Kolam Renang Oevang Oeray
Perosotan tinggi.
Di sampingnya ada ember besar yang ditumpahkan tiap beberapa menit

- kolam renang kecil yang sempit tidak dalam (alias dangkal) dan tanpa perosotan, tapi ada tirai air yang mengucur dari tembok. Cocok untuk bersantai.

Kolam Renang Oevang Oeray
Ada tirai airnya
Cukup variatif kan?! :)

Untuk masalah keamanan, di dekat kolam besar, ada penjaga kolam yang akan menegur pengunjung yang kurang hati-hati. Biarpun begitu, pengunjung harus sadar diri. Kalau tidak bisa berenang jangan main di kolam besar. Untuk orang tua yang membawa anak, harus mengawasi anaknya sendiri.

Oh ya, berbagi info sebelum lupa. Di kolam renang Oevang Oeray, para pengunjung wanita diperbolehkan berpakaian lengkap (bukan pakaian khusus renang) saat masuk kolam. Ini sangat berarti buat muslimah yang mau berenang maupun ibu-ibu yang menjaga anaknya saat main air (maksudnya ikut anaknya main air, hehe). Cuma yang perlu diperhatikan, pakaian yang digunakan sebaiknya dari bahan yang tidak terlalu menyerap air agar tidak berat saat di dalam air. Jangan pakai pakaian berbahan jeans. Berat, nanti kelelep. Jangan pakai celana berkantong supaya bisa aman main perosotan (tidak nyangkut). Walaupun boleh, tapi lebih dianjurkan berpakaian renang ya.

Nah, meskipun ada kelonggaran untuk pengunjung perempuan, pengunjung pria tidak diperbolehkan berpakaian lengkap saat masuk kolam. Pengunjung pria harus membuka baju atasan saat masuk kolam dan sebaiknya gunakan pakaian renang ke dalam kolam. Jika tidak punya celana renang, paling tidak gunakan celana pendek selutut (non-jeans), gitu.

Fasilitas lain yang ada di kolam renang Oevang Oeray adalah ruang ganti, kamar kecil, loker, dan pancuran bilas (indoor maupun outdoor). Ada juga tempat duduk di atas bangunan utama, menghadap kolam besar, sepertinya untuk penonton lomba renang. Bentuknya seperti tempat duduk di stadion. Di pinggir kolam-kolam tersedia tempat duduk berpeneduh. Di situ kita bisa menyimpan tas dan duduk istirahat setelah berenang. Hati-hati jika membawa barang berharga. Kalau bisa pilih tempat duduk yang dapat diawasi dari kolam.

Kolam Renang Oevang Oeray
tempat duduk buat rehat

Kolam Renang Oevang Oeray
pancuran air untuk berbilas

Untuk yang mudah lapar, ada kantin di dekat kolam kecil, tapi saya tidak ke kantin tersebut, jadi tidak tahu apa saja yang ada di sana. Hehe

Apa lagi ya? Oh ya, tentang tiket masuk dan jam operasional. Hampiiir lupa.. Kolam renang Oevang Oeray ini buka dari pukul 06.00 - 18.00 setiap hari, dengan istirahat dari pukul 11.00 - 13.00 khusus di hari Jumat. Harga tiket masuk ke kolam renang Oevang Oeray adalah 25 ribu untuk hari Senin-Jumat, 35 ribu untuk akhir pekan (Sabtu, Minggu) dan hari libur nasional. Harga per Mei 2016. Tidak ada biaya parkir. *penting banget ini, haha

Berdasarkan pengalaman saya berenang kemarin, dari keempat kolam, saya paling suka berenang di kolam besar untuk berlatih renang. Tapi untuk masalah perosotan, tentu saja saya suka perosotan paling tinggi yang ada di kolam kecil yang luas. Walaupun saya takut ketinggian, tapi saya malah paling senang naik perosotan tersebut, lho. Ketagihan. Seru sih! ^^  Pas pengunjung ramai, antrian di perosotan ini bisa panjang. saya beruntung bisa mencoba 2 kali tanpa mengantri sama sekali. Alhamdulillah..

Kolam Renang Oevang Oeray
Groupie dulu sebelum pulang :D

Begitulah cerita saya berenang di Kolam Renang Oevang Oeray beberapa waktu belakangan. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Dah! ^^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!