4.26.2016

Snack Ikan Dahfa

Kemarin saya ke pasar swalayan langganan untuk belanja beberapa keperluan harian. Sebelum bayar ke kasir, saya punya kebiasaan melihat-lihat di bagian snack. Awalnya sih sudah memasukkan snack nori ke keranjang belanjaan, tapipas lihat harganya, urung euy.  Dulu 36 ribu sebungkus (isi 10 lembar), tapi kemarin 40 ribu lebih. Kelewatan. Jadi saya beralih ke snack ikan saja. Saya pilih merk yang biasa saya beli, Dahfa Snek Ikan.

*non-sponsored review, please read my disclosure policy

snack ikan dahfa
salah satu camilan favorit nih..

FYI. Snack ikan adalah jenis camilan yang terbuat dari filet ikan kering (dried fish fillet). Bentuknya seperti potongan lembaran berwarna putih kekuningan. Untuk membentuk lembaran seperti itu, tentunya daging ikan diberi campuran tepung dan bumbu, nanti baru dipotong-potong seperti strip. Nah, kalau produk yang saya review kali ini, dari bungkusnya tertulis bahan yang digunakan adalah tepung gandum, daging ikan, garam, gula, cabai, kecap kedelai (soya sauce) dan penguat rasa E621. Tapi kalau komposisi, kurang tahu deh..

Untuk rasa, kalau menurut saya sih enak ya. Teksturnya tidak renyah, seperti lembaran daging kering yang agak tebal. Citarasanya gurih halus tanpa taburan bubuk bumbu tambahan. Rasanya (perasaan ya, bukan hasil lab) lebih aman saja dibandingkan snack gurih lain yang penuh berlumuran bubuk bumbu penyedap. *Kanda suka marah kalau saya ketahuan makan snack yang seperti itu, hehe.. Apalagi ada label halalnya, perasaan jadi tenang. Mungkin hal-hal tersebut yang membuat saya berulang kali beli, dan dibelikan. :D

Selain hal-hal itu, snack ini punya nilai kenangan tersendiri buat saya. Pas memakannya, saya jadi ingat masa hamil (alm) Weissar dulu. Iya, snack ikan ini kan salah satu camilan saya waktu itu. Setidaknya sebulan sekali lah, saya dibelikan Kanda. Biasanya belinya waktu ngantri ke dokter kandungan yang bisa sampai 3 jam. Kebetulan klinik dokter tempat periksa kehamilan searah dengan supermarket langganan kami, jadi begitulah.. Jadi kangen masa-masa itu.. ^^

Eh, mulai melantur ya. Hehe.

Baiklah, sekarang tentang harga. Kalau dari hitungan berat, camilan ini tergolong cukup mahal. Yang saya beli kemarin, 60 gr seharga 15.500 rupiah. Habisnya cepat sekali (tapi dimakan ramai-ramai bersama keluarga, sih). Soalnya kalau makan ini susah berhenti sih, makanya jadi cepat habis..

Saya ingat dulu kecil orang tua saya juga pernah sesekali membelikan saya dan kakak camilan ikan ini (kalau tidak salah merk nya juga Dahfa, sih). Tapi karena ringan dan cepat habis ludes, kami jadi lebih sering minta dibelikan sesuatu yang lebih berat saja (dengan harga setara), seperti coklat batangan atau kismis kotakan. :p *logika bocah

Oh ya, sekadar informasi. Camilan dari ikan merk Dahfa ini diproduksi oleh negeri jiran Malaysia, tepatnya Kuching, Sarawak, Malaysia Timur, yang sama pulau dengan kota kami. Jadi jangan heran dengan tampilan bungkusnya yang sebagian bertuliskan bahasa China (kayaknya).

Apa lagi yah? Emm, sepertinya segitu dulu ulasan tentang snek ikan yang ini. Semoga bermanfaat buat yang mencari camilan sehat ya. Sampai nanti! ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!