12.16.2015

Tips Menghemat Kuota Internet (Smartphone)

Okeeey... Menulis judul postingan kali ini membuat saya senyum-senyum sendiri. Yang kenal saya pasti tahu kalau saya boros sekali menggunakan kuota internet. Dua GB bisa saya habiskan dalam kurun waktu belasan hari, dua pekan paling lama. Pernah juga tidak sampai sepekan sudah habis, padahal 2 GB yang lancar bisa seharga 50 ribuan. Kalau pola konsumsi seperti itu tidak diubah, bisa-bisa saya menghabiskan 200 ribuan sebulan hanya untuk internetan. Aaarrghhh..

Ada yang seperti saya?
miauu.. (baca: adaa) ^^

Sejak menggunakan smartphone, saya memang kebablasan internetan. Maklum orangnya kepo, kalau penasaran dengan sesuatu sering langsung browsing, dan ujungnya, keasyikan. Kebetulan smartphone dan kartu yang saya pakai pun mendukung kegiatan berselancar dengan baik. Ini seperti mendapat sarana memenuhi keingintahuan di genggaman.

Dulu di awal malah lebih parah. Saya suka buka video di youtube. Semua aplikasi yang menarik dan terkenal langsung di-download dari google store. Pinterest jadi mainan. Apalagi sejak punya akun instagram, uwiiih.. Asyik sih, tapi juga bikin nggak kuat. Boros!

Saya sering tidak enak dengan Kanda tiap kali internet saya ludes dalam hitungan hari. Kalau sudah begitu, biasanya saya sengaja tidak mengisi ataupun membeli kartu baru sampai hari jatah beli kuota tiba. Ceritanya menghukum diri sendiri. Hehe. Tapi biasanya Kanda tahu, karena tiba-tiba batrai hp saya lebih awet.

Sering Kanda bertanya kepada saya, dipakai untuk apa saja sampai bisa secepat itu. Setelah pola konsumsi ditelaah berkali-kali, saya jadi tahu kalau video dan gambar bisa sangat menguras kuota. Lebih jauh, saya jadi tahu ternyata beberapa aplikasi seluler bisa sangat boros kuota.

Berbekal pengalaman (dan masih dipelajari), berikut tips menghemat kuota internet dari saya:

- Hindari menonton video online
Menonton video online sangat menyenangkan, tapi sebaiknya hanya dilakukan saat berada di area hotspot, karena video online memakan banyak kuota a.k.a boros.

- Manfaatkan fasilitas bluetooth
Jaman sekarang, momen-momen berharga bersama orang lain memang dapat dengan mudah dibagi via aplikasi bbm, whatsapp, telegram, dll. Ini ideal untuk menghubungkan orang yang berjauhan. Tapi jika orang yang ingin dibagi/membagi berada dekat (secara fisik) dan memiliki gadget berfasilitas bluetooth, tidak ada salahnya berbagi foto dan video dilakukan via bluetooth saja. Selain menghemat kuota yang terpakai untuk mengunduh (men-download) muupun mengunggah (meng-upload), foto yang ditransfer dengan bluetooth memiliki kualitas yang lebih baik daripada via aplikasi yang disebutkan sebelumnya, dan kita dapat berbincang dengan teman kita.

- Kurangi melihat gambar secara online
Buat pembelajar visual seperti saya, melihat gambar bisa sangat menyenangkan. Apalagi kalau suka, bisa dilihat berkali-kali. Masalahnya, file gambar (yang berformat jpeg apalagi gif) bisa memakai banyak kuota, walaupun tidak sebanyak video. Untuk itu, biasakan melihat foto satu-satu agar tidak langsung menghisap banyak kuota. Tampilan kolom di pencarian gambar google, instagram, pinterest, dsb, perlu dibatasi.

- Batasi penggunaan data internet
Tiap tipe smartphone berbeda, tapi coba periksa di pengaturan setelan. Batas penggunaan data internet terserah kita. Kalau saya, saat ini saya menggunakan kuota sebesar 2gb tapi menetapkan 100kb untuk peringatan penggunaan (diatur ulang setiap hari) dan 1gb untuk batas data. Dengan begini saya dapat peringatan jika sudah mencapai 100kb dan tidak dapat internetan lagi setelah 1gb. Walaupun saya masih punya 1gb lagi dan bisa diatur ulang kapanpun, peringatan dan pembatasan seperti ini bisa menjadi pengingat yang baik.

- Evaluasi penggunaan data secara berkala
Pada pengaturan setelan hp, biasanya ada keterangan aplikasi mana saja yang memakan kuota dan berapa banyak data yang dipakai pada masing-masing aplikasi tersebut. Dari situ kita bisa tahu aplikasi mana yang sebaiknya dikurangi atau dinonaktifkan.

- Matikan internet saat menggunakan aplikasi tertentu
Ini mengacu pada hasil evaluasi penggunaan data. Kadang kita tidak sadar ada aplikasi yang melahap kuota data. Contoh di hp saya: ailis dan sebagian besar permainan. Saya pun baru sadar ini setelah pernah beberapa kali peringatan data saya menyala saat saya tidak menggunakan media sosial atau browser, melainkan game atau ailis. Sejak itu saya selalu memadamkan internet terlebih dahulu sebelum menyalakan permainan ataupun ailis. Internet baru diaktifkan jika saya mau mengunduh font atau stamp baru (ailis) atau mengambil bonus harian (game), dsb. Itupun hanya sebentar, setelah keinginan terpenuhi internet dipadamkan. Biar hemat, beb.

- Copot pemasangan (uninstal) aplikasi tertentu
Ada jenis aplikasi, umumnya permainan (games), yang sama sekali tidak dapat berfungsi atau dimainkan saat offline. Contoh di hp saya, permainan yang tertaut dengan line semacam pokopang, let's get rich, bubble, dsb. Serius. Jika benar-benar ingin menghemat kuota, games seperti ini (yang tidak dapat dimainkan jika offline) sangat perlu dipertimbangkan untuk dicopot. Jika berat hati mencopotnya, kembali ke poin sebelumnya, hanya mainkan di hotspot.

- Lakukan pengaturan pada aplikasi
Tanpa disadari, kadang ada beberapa aplikasi yang diam-diam mencuri kuota data internet kita. Di hp saya, contohnya, aplikasi whatsapp otomatis mengunduh foto yang saya terima dan langsung memasukkannya ke folder penyimpanan. Padahal bisa diatur. Hehe.

- Ganti aplikasi ke versi yang lebih ringan, jika ada
Di hp saya, contohnya facebook. Aplikasi facebook memiliki tampilan yang sangat bagus dan memberikan kemudahan saat digunakan (mudah meng-upload foto, men-tag teman di foto, me-mention teman, dsb). Sayangnya, tentu saja, memakan banyak data internet. Untung sekarang ada aplikasi facebook lite. Meskipun tampilannya lebih sederhana dan penggunaannya tidak semudah facebook, tapi facebook lite bisa jadi alternatif ber-facebook-ria dengan lebih murah.

Sampai sekarang saya masih belajar menghemat kuota internet sih, dan apa yang saya jabarkan di atas mungkin kurang lengkap, ada yang keliru (cmiiw), atau tidak cocok untuk orang lain. Tapi saya pikir tidak ada salahnya kalau saya berbagi pengalaman menghemat kuota internetan dengan teman-teman pembaca. Siapa tahu ada yang mengalami hal yang sama seperti saya dan terbantu. Intinya, mudah-mudahan tulisan kali ini banyak manfaatnya, aamiin. Sudah dulu yaa, teman. Salaam!