1.07.2015

Wellness Wednesday 1: Motivasi Sehat

MOTIVASI
Photo by JP Pawa (paradiscape.blogspot.com)
Seperti yang saya singgung sedikit di postingan sebelumnya tentang Wellness Wednesday (bisa dibaca di sini), saya yakin setiap orang memiliki motivasi tersendiri dalam melakukan sesuatu, apapun itu. Tak terkecuali dengan gaya hidup. Nah, menurut saya, menerapkan gaya hidup sehat bukan urusan gampang. Hidup sehat bersama keluarga hanya dapat dicapai jika dilakukan bersama-sama, agar berkelanjutan. Ketika ada satu anggota keluarga lupa, diharapkan anggota lainnya mengingatkan..

Mengenai motivasi, saya punya beberapa hal penting yang mengingatkan saya untuk memulai hidup sehat.

Salah satu alasan kuat bagi saya untuk mulai hidup sehat sekarang adalah karena saya sedang program hamil/ promil. Dulu saya pernah hamil 9 bulan dan setelah persalinan normal yang saya jalani, dokter menyatakan bahwa kandungan saya baik, insya Allah. Lepas nifas, alhamdulillah, jadwal bulanan saya juga tetap teratur. Berat badan memang berubah setelah hamil dan sulit diturunkan seperti semula, tapi untungnya tidak melebihi berat tubuh ideal. Suami juga insya Allah tidak bermasalah karena Kanda senang berolahraga dan juga tidak merokok.

dan semoga tahun ini bisa hamil 
bareng Kakak +Ameldalia Lia Karmoni 
Meskipun demikian, yang namanya rezeki, Allah jua yang mengatur. Hingga kurang lebih 1,5 tahun pasca persalinan alm Weissar dulu, hingga kini saya belum hamil lagi. Hikmah baiknya, bisa jadi ini adalah kesempatan bagi kami untuk membenahi dan mempersiapkan diri lebih baik dan lebih matang sebelum menjadi orang tua. Banyak sekali hal dan kebiasaan yang perlu dipelajari dan dibiasakan di keseharian agar lebih siap. Salah satunya, tentu saja terkait hidup sehat. Sebagaimana para orang tua dan calon orang tua lainnya, kami juga ingin keturunan kami sehat walafiat. Maka masa training ini kami gunakan untuk mempersiapkan kematangan spiritual, finansial, fisik, dan mental. Semoga dengan ini impian kami segera terwujud. ((")("))

Selain karena sedang promil, entah kenapa sejak usia sekolah dulu saya memiliki kekhawatiran tersendiri pada pengeroposan tulang atau osteoporosis. Apalagi ternyata Mama' yang mengalami osteoporosis, saya jadi semakin waspada tentang sakit pengeroposan tulang ini.

Osteoporosis memang bukan penyakit fatal, tapi osteoporosis dapat menyebabkan postur tubuh berubah dan membuat gerak menjadi terbatas sehingga menurunkan kualitas hidup. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, potensi osteoporosis pada wanita memang meningkat seiring usia. Apalagi jika pernah hamil, haid tidak teratur, kurang konsumsi kalsium dan vitamin D, berat badan kurang, konsumsi alkohol dan kafein berlebih, pernah menggunakan obat kartikosteroid jangka panjang, memiliki penyakit lain (seperti gagal ginjal, hipoteroid, melabsorpsi), dan memiliki riwayat keluarga yang mengalami patah tulang/ retak.

Makan shabu-shabu sama Mama'  +Ani Patria  dan keluarga
waktu hamil  Weissar dulu, 5 Agustus 2013, (dok pribadi)
Pada Mama', beliau jadi sulit berolahraga. Olahraga ringan seperti jalan pagi atau lari pagi seperti dulu sudah sulit. Walaupun tidak mengeluh, saya sering melihat Mama' menahan sakit jika habis berjalan terlalu jauh. Ini selalu membuat saya ingin menangis. Mama' bahkan pernah kesulitan berjalan beberapa waktu. Saat itu tahun 2011, saya sedang di Bogor. Untunglah Allah berikan kesembuhan kepada beliau tepat sebelum beliau akan berangkat ke tanah suci untuk berhaji. Saya bahagia beliau dapat menjalankan ibadah dengan baik walaupun mengalami osteoporosis. Alhamdulillahi rabbil'alamin.. Semoga Mama' tetap sehat dan segera pulih dengan bantuan terapi yang beliau jalani. ((")("))

Oh ya, selain 2 motivasi di atas, saya juga punya visi ingin tetap fit di usia renta nanti. Saya dan Kanda ternyata punya impian yang sama: ingin tetap bisa hiking bersama-sama saat tua nanti. ((")("))  Mungkin terdengar sederhana, tapi tentu usaha untuk ini tidak sederhana. Untuk itu, kami harus berjuang bersama. :)

Hiking bersama Kanda +Janiarto Paradise, 28 Desember 2012 (dok pribadi)
Di atas semuanya, saya ingin menjadi muslim yang kuat. Tak hanya fisik, tapi juga mental, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan". ~ Hadist Sahih

Demikianlah beberapa motivasi saya untuk tetap sehat. Semoga saya dan keluarga diberikan kesehatan dan usia yang bermanfaat, aamiin ya Rabbal alamin. :)


Referensi:
http://penyakitosteoporosis.com/osteoporosis-pada-wanita/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 comments:

  1. Semangat ya Mbak. Semoga program hamilnya sukses. Satu hal yang membantu pencegahan osteoporosis adalah olahraga angkat besi bisa dimulai dengan yang ringan dulu. Bukan until bodybuilding saja angkat2 ini Mbak hehehe. Makasih udah bergabung yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah tetap semangat, Mbaak.. Aamiin. Oh gitu ya, Mbak? Boleh dicoba, tapi angkat besi pengaruh ke perut nggak sih, Mbak? Maklum, kan lagi program hamil, jadi mau tanya-tanya dulu...

      Ii, saya yang makasih, Mbak dan Mbak Rina bikin WW. Saya jadi lebih terpacu. Tema dan kegiatan blogwalking ke sesama peserta nya juga jadi bikin saya nambah ide dan semangat buat sehat. ^_^

      Delete
  2. So sweet banget mak goalnya: pengen sama2 tetep bisa hiking sampe tua :) Semoga berhasil dengan programnya yaa dan thank you sudah linking up. Jangan lupa ikutan lagi minggu depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Iya, sama-sama Mbak Rina. Saya senang kok ikutan WW. Mudah-mudahan besok bisa ikut meramaikan lagi. ^_^

      Terima kasih sudah berkunjung! :D

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!