4.21.2014

Hari ini

Dua puluh satu April. Di muka gerbang kampus kami ramai sekali anak-anak usia taman kanak-kanak berpakaian daerah. Kartinian.. :)

Saya dan Kanda masuk ke lingkungan kampus dengan motor biru berpelat daerah kami yang asing di mata orang-orang sini, KB, bukan F atau B atau D. Motor impor, hee. Rencananya pagi ini kami ingin menghadiri seminar teman seangkatan kami (lagi) di ruang seminar bidang sosial. Icha namanya. :)

Tadi pembahasan tentang perbandingan persepsi lanskap antara mahasiswa lanskap di Indonesia (diwakili IPB) dan Jepang (diwakili Chiba Univ). Pukul setengah sepuluh, seminar Icha selesai. Alhamdulillah lancar. Senang sekali sudah sidang, batin saya. Saat mengucapkan selamat atas tahapan yang telah dilaluinya, tangannya terasa sejuk. Mungkin faktor pendingin ruangan, atau ada sisa grogi setelah presentasi tadi.

Foto sebentar, kami berpisah. Kami pulang kembali ke rumah. Tapi pukul 1 siang saya kembali lagi ke kampus, diantar Kanda. Ada jadwal ngasprak lanskap budaya. Bu Nunung mengingatkan bahwa tanggal 18 April lalu adalah hari peringatan monumen dan situs internasional. Tema tahun ini adalah "Heritage of Commemoration".


Monumen dan situs; termasuk bentuk-bentuk yang lebih kompleks dan beragam tempat warisan seperti lanskap yang ditinggali; adalah carrier yang bersifat tangible mengenai memori pengalaman manusia. Dengan demikian, melalui keaslian dan integritas mereka, mereka memberikan kontribusi, dengan cara mereka, pada peringatan dan transmisi nilai-nilai terkait sejarah.

Tema ini memberikan kesempatan untuk mempresentasikan konstruksi sejarah yang telah sengaja diciptakan dengan tujuan memperingati suatu peristiwa, seseorang, ide, dll. Pilihan tema ini sebagian terinspirasi oleh momen seratus tahun 2014 dari awal Perang Besar 1914-1918 .

Warisan peringatan mengambil berbagai bentuk: prasasti terukir, makam arsitektur luar biasa atau karya patung monumental, elemen yang lebih sederhana mencerminkan tradisi vernakular atau lanskap khusus seperti kuburan atau kebun memorial. Warisan ini juga mencakup unsur-unsur yang diberi nilai peringatan; misalnya, reruntuhan atau sisa-sisa industri disertai dengan plakat dedikasi, atau alun-alun publik yang toponimi memperingati suatu peristiwa sejarah atau individu.
--www.icomos.org

Menarik, senang kali ya kalau bisa berpartisipasi. Sayang sudah lewat. Tapi tidak mengapa. Sekedar berbagi info tentang hari peringatan monumen dan situs internasional. 

Pulang ngasprak, saya singgah di rektorat untuk latihan bersama teman-teman GSP barang 2 jam berikutnya. Walau sebenarnya kurang rela berhenti di tengah latihan, ya sudahlah. Harus disiplin. :) Saya turun dari lantai 3 sekitar pukul 6, tapi baru dijemput setengah jam berikutnya, gara-gara ketinggalan hape. Kasian ya :p  Oia, tadi sempat minta pulsanya pak satpam di parkiran lo, buat sma Kanda. Untung Pak satpamnya mau, hehe. Mudah-mudahan dibalas kebaikan ya Pak..

Pukul 6.30 saya belum sholat magrib jadi Kanda singgah di masjid kampus, Al Hurriyah. Usai saya menunaikan kebutuhan seorang hamba di petang hari, kami lanjut ke Bara untuk belanja. Pulang ke rumah, makan. Lalu ngecek facebook. Niatnya sih hanya sebentar, tapi gagal. Positifnya, jadi dapat info ada yang ngadain GiveAway lagi dari grup KEB. Temanya ada yang sesuai dengan tema blog ini, jadi In sya Allah nanti kalau sempat pengen ikut, siapa tahu rejeki. In sya Allah, soalnya ini saja sudah beberapa hari bolong ngeblog. :/

Oke. Itu saja cerita hari ini. Semoga semua lancar: Tesis lanskap budaya, GSP, blogging. Aamiin. :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 comments:

  1. Anda anak IPB ya? Salam kenal :) Saya alumni angkatan 45. Semoga lancar terus ngeblognya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya pasca ARL IPB 2011, dan mudah2n segera jadi alumni IPB juga, aamiin. ^^

      Mba Rahmania dulu jurusan apa? Terima kasih kunjungannya ya...

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!