3.21.2014

Kunjungan Sensei Fukamachi

Hari ini saya menghadiri presentasi dan diskusi bersama seorang sensei (dosen) dari Jepang bernama sensei Fukamachi Katsue. Beliau adalah sensei di Kyoto University, pembimbing Zaini alias Azai, salah seorang teman yang sedang kuliah S3 Lanskap di universitas tersebut. Tujuan kedatangannya adalah untuk kunjungan silaturahmi sekaligus memantau lokasi penelitian Azai.

Pada presentasinya,
sensei Fukamachi menceritakan penelitiannya yang masih berlangsung mengenai lanskap Satoyama, yaitu mengenai elemen lanskap, susunan dan fungsi ekologisnya. Dalam bahasa Jepang "sato" berarti desa dan "yama" berarti gunung, jadi secara harfiah, satoyama dapat diartikan sebagai desa-desa yang berada di daerah pegunungan (cmiiw). Satoyama di Jepang pada umumnya berbentuk desa pertanian yang memanfaatkan air gunung untuk irigasi sawah. Lanskapnya asri sekali.

Beliau yang merupakan ahli ekologi lanskap menekankan bahwa lanskap bukan hanya tentang elemen lanskap saja melainkan juga hubungan (interconnection) antar elemen yang ada di lanskap. Beliau menekankan bahwa setiap perlakuan yang dilakukan oleh manusia dalam lanskap pasti mempengaruhi lanskap baik secara kulitatif maupun kuantitatif dan sebaliknya, lanskap dapat berperan membentuk masyarakat yang harmonis dengan alam (society in harmony with nature).  Dalam hal ini, lanskap budaya satoyama berhasil menjadi salah satu situs warisan budaya dunia yang sangat membanggakan bangsa Jepang. Salut pada masyarakat dan pemerintah Jepang yang bahu-membahu melestarikan lanskap budayanya...

Nggak kayak di sini yang habis dijadikan kebun sa*** semua, hiks.. #curcol  :'((((
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!