2.17.2014

Catatan Awam: Usia Fisik, Usia Mental

Buat teman-teman yang sudah pernah mencoba tes usia mental, mungkin bertanya-tanya, yang mana yang lebih baik: usia mental lebih atau kurang dari usia fisik?

Di satu sisi terlalu tua tidak asyik, di sisi lain kekanakan juga kurang baik. Anak-anak yang terlalu cepat dewasa itu aneh, seaneh orang tua yang terlalu seperti anak kecil. Tidak sesuai usia.

Oke, saya mencoba memahami sesuatu..

Kalau menurut saya pribadi, usia itu ada 3 macam. Yang pertama adalah usia fisik, yang kedua adalah usia mental, dan yang terakhir (yang sering luput) adalah usia aktual.  Usia aktual dihitung dari tanggal kelahiran, usia fisik diukur dari sel tubuh, sedang usia mental diukur dari cara berpikir.

Usia aktual tidak akan berubah karena patokannya adalah dari kelahiran kita di dunia. Usia fisik dapat berubah sesuai perawatan fisik, misalnya yang rajin olahraga atau melakukan perawatan secara alami ataupun ke salon kecantikan kemungkinan akan terlihat lebih muda (fisiknya) daripada usia aktualnya. Sebaliknya, jika rajin merokok, malas merawat tubuh, malas olah raga, fisiknya pun akan terlihat lebih tua.

Sedangkan usia mental terkait dengan cara berpikir dan menanggapi sesuatu, terkait erat oleh kejadian masa lalu yang pernah dialami. Sampai di sini lebih masuk akal, nggak?

Normalnya selisih usia mental dengan usia aktual adalah 5 tahun lebih dewasa atau lebih muda. Jadi tidak perlu terlalu khawatir selama berada di range tersebut. Toh tes tersebut hanya untuk melihat kecenderungan sifat kita, untuk introspeksi, bukan untuk menghakimi. Kalau kata orang bijak (saya kurang tahu siapa yang pertama kali mengatakan ini), kita tidak boleh menghakimi orang lain karena kita tahu apa yang pernah mereka alami. :)

Tapi tentu saja kalau pendapat saya pribadi, seseorang akan lebih menarik jika lebih dewasa secara mental (daripada usia aktual), sebagaimana usia fisik yang lebih muda (daripada usia aktual). Itu pendapat saja, dari seorang awam... cmiiw

Lagi pula, ada lho yang mencoba tes tersebut 3 kali, hasilnya 1) lebih dewasa, 2) lebih muda, 3) sesuai usia. Mungkin ini menandakan bahwa mental juga dapat berubah-ubah, seperti kalau kita perawatan kulit maka kulit kita akan lebih muda dan sebaliknya. Jadi tidak perlu terlalu diambil pusing..

Just be yourself :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments:

  1. Alhamdulillah din, uda ndak ikut ngambil pusingnye... :D

    ReplyDelete
  2. @Langit Khatulistiwa: Xexexe.. artinye adx yg ngambil pusing... xD soalnya kemarin ada yang nyari tentang itu dan nyasar di blog ini, b da
    *abis ngecek di statistik*

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!