1.06.2014

How to Master Your Habits [Buku]

Kemarin malam Kanda membelikan saya sebuah buku yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan orang-orang, How to Master Your Habits karya Felix Y. Siauw. Alhamdulillah, dengan semangat '45 saya membacanya tuntas hari ini. Banyak hal yang disampaikan oleh Ust Felix, terutama tentang kebiasaan alias habit..  *bukan hobbit loh yaa..*

Penampakan bukunya, dan pembatas bukunyaa!  ^v^

Isi bukunya sebagian besar sama dengan ceramah yang beberapa hari lalu saya tonton (saya pernah cerita di sini). Intinya tentang bagaimana cara menjadi orang yang dapat mencapai keahlian tertentu dengan bermodalkan "habits" atau kebiasaan yang menunjang tujuannya tersebut, tentang bagaimana melakukan hal-hal luar biasa menjadi suatu kebiasaan.

#passwordnya, latihan (practice) dan pengulangan (repetition). 

Tulisan ust Felix ini sangat membuka mata saya, membangunkan kesadaran atas suatu kenyataan yang menohok. Sebelumnya rata-rata kita didoktrin bahwa kesuksesan akan datang jika kita percaya.. Masalahnya, saya percaya, tapi kenapa tidak sukses sesuai harapan dan impian? Pasti ada yang masih belum tepat..

Awalnya saya berpikir, ya mungkin karena motivasi saya yang sering susut secara tiba-tiba. Tapi, apakah hanya saya sendiri yang mengalami hal ini? Sepertinya tidak. Buktinya acara motivasi dan inspiratif milik om Mario Teguh, Andy F. Noya, atau Oprah Wienfrey selalu menarik banyak orang yang mencari motivasi dan inspirasi untuk kehidupan yang lebih baik.. Jadi pasti ada sebab lain yang belum saya (dan banyak orang) ketahui..

Nah, setelah membaca buku ini (dan nonton ceramah ust Felix yang ada di youtube) saya baru sadar, apa yang saya irikan terhadap orang lain bukanlah kesalahan dunia, apalagi Tuhan. Semuanya adalah kesalahan saya sendiri. Saya belum melakukan kebiasaan yang dapat membantu saya mencapai tujuan hidup saya. Ada kebiasaan yang orang sukses lakukan yang tidak saya lakukan. Kesimpulan yang simpel, tapi benar adanya..

Syukurlah, melalui buku ini Allah memberi saya pencerahan. Tidak ada yang harus dilakukan selain melakukan apa yang seharusnya dilakukan, segera. Melakukannya terus hingga menjadi kebiasaan walau akan sulit di awal pembiasaan. Tiada penundaan, tanpa alasan, pasti bisa.. In sya Allah.. *sebenarnya ini monolog*

Ok. Buat teman-teman yang gemar membaca buku yang bermutu dan sedang berjuang menjadi manusia yang lebih baik tapi masih bingung dengan caranya, buku ini sangat saya rekomendasikan. Banyak ilmu yang dibagikan oleh sang penulis dengan gaya bahasanya ringan dan tidak bikin stres. In sya Allah, waktu dan uang yang dikorbankan untuk membaca buku ini tidak sia-sia.. :)

Nasihat indah yang patut untuk diingat bersama:

"Wahai saudaraku, kalian tidak akan dapat menguasai ilmu kecuali dengan 6 syarat yang akan saya sampaikan: (1) dengan kecerdasan, (2) menuntutnya dengan bersemangat, (3) dengan kesungguhan, (4) dengan memiliki bekal (investasi), (5) bersama pembimbing, serta (6) waktu yang lama." ~ Imam Syafi'i

Mari kita berusaha untuk menjadi seorang yang mampu menguasai kebiasaan baik yang bermanfaat bagi kehidupan kita yang sekejap di dunia..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 comments:

  1. benar-benar menginspirasi, juga memotivasi, walaupun tujuan utamanya adalah habituasi... :D

    ReplyDelete
  2. Kebetulan istri saya ada membelinya juga kemarin Sis, isinya memang keren banget. Selain koleksi yang ini, saya juga punya koleksi Ustadz Felix yang lainnya juga. Btw, salam kenal yach... :-)

    ReplyDelete
  3. @paradization: ayoo, dibaca sampai habis ya da..

    @bloggerborneo: keren y bang.. mudah2n bise diaplikasikan buat sehari-hari y bang.. Sama-sama salam kenal. makasih dah singgah. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!