6.21.2013

Trimester 3 #1 (Dokter)

Pagi ini, kembali dengan rutinitas bulanan, periksa kesehatan ke dokter kandungan. Berhubung karena Kanda sedang tidak bersama saya (hiks!) jadi saya berangkat ke klinik dokter diantar Mama. :)

Kami sampai di klinik tepat pukul 9. Sebenarnya tadi pagi saya sempat lupa ada janji pertemuan dengan dokter. Memang, untuk ketemu dengan dokter saya itu setidaknya saya daftar 2 hari sebelumnya, karena pernah waktu itu daftar untuk besok harinya tapi ditolak karena sudah penuh. Makanya sempat lupa. Untungnya belakangan ini saya memang merutinkan diri mandi pagi-pagi sehingga lebih segar dan lebih semangat. Alhamdulillah...

Nah,
sudah datang pukul 9 pun ternyata masih mengantri cukup lama, padahal nomor antriannya kecil : 6. Saya baru masuk ruangan dokter untuk diperiksa pukul 10.50. Untung saja di ruang tunggu ada majalah lama untuk dibaca. Lumayanlah, meskipun majalah lama ada juga beberapa artikel yang menarik. Beruntung jika mendapatkan bacaan seputar kehamilan dan pendidikan anak, nambah ilmu, dan yah~ sekaligus membunuh bosan. Hehe..

O i a, berat badan saya kali ini 57 kg. Turun 1 kg dari penimbangan sebelumnya 2 pekan lalu di klinik bidan. Tapi mungkin saja sih, kan beda timbangan jadi kemungkinan perbedaan karena pengaruh alat timbang bisa saja terjadi. Toh saya merasa tubuh saya terus bertambah berat :p

Untuk tekanan darah 90/70 (lagi!). Kata perawat memang agak rendah, tapi insya Allah sehat. Triiing! :D

Pemeriksaan hari ini, saya laporan tentang suntik TT yang sudah saya dapatkan saat di klinik bidan. Berdasarkan hasil USG, dokter memperkirakan sekarang sudah masuk trimester ketiga, kurang lebih 28 pekan alias 7 bulan. Pemeriksaannya berdasarkan diameter kepala dan panjang tungkai kaki. Posisi dedek baik (kepala di bawah), meskipun masih mungkin berubah. Perkiraan berat badan berdasarkan USG sekitar 1159 gram. Overall, insya Allah dedek sehat walafiat. Alhamdulillah... :)

Saya juga konsultasi tentang HG darah yang rendah. Kata dokter selama saya mengkonsumsi suplemen yang diresepkan insya Allah HG bisa normal. Jadi ketahuan deh sama dokter kalau saya pernah (atau sering ya?) tak sengaja melewatkan jadwal minum suplemen. Maklum jadwal minum suplemen dokter saya lakukan setelah makan malam karena seringkali membuat mual. Maksudnya supaya kalau sudah mau tidur kan rasa mualnya tidak terlalu dipikirkan karena sudah mengantuk. Sayangnya saya seringnya lupa. -_-  Jadi tadi kena tegur deh, sama dokternya.

Saya juga lapor tentang kaki saya yang bengkak parah waktu itu.  Tapi senada dengan saran bidan yang waktu itu saya datangi, kaki bengkak itu normal dan untuk menghindarinya jangan menggantung kaki.

Tentang tendangan (alias gerakan) dedek yang tidak sampai menyembul, kata dokter juga normal saja karena setiap ibu hamil berbeda-beda, misalnya karena ketebalan dinding perut. Yang penting gerakan bayinya terasa dan dapat dihitung. Oh iya, kalau menurut buku panduan kehamilan dan saran dari teman-teman dalam grup sosmed bumil yang saya ikuti, mulai bulan ini sebaiknya saya rutin menghitung gerakan bayi setiap hari buat nanti dilaporkan ke bidan atau dokter. Nanti insya Allah akan saya share cara menghitungnya. Kalau sudah praktek, biar lebih afdhol... :)

Hari ini kembali dapat 2 jenis suplemen, dan saya juga beli CDR buat tambahan kalsium.

Yah, gitu deh cerita kunjungan rutin ke dokter hari ini. Semoga dedek imut sehat selalu.. Aamiin!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya yaa. Salam kenal!

**Komentar dimoderasi karena banyak spam. Ihik!